Kumpulan informasi menarik seputar teknologi, kesehatan, gadget, internet dan hiburan.

Selasa, 28 Juli 2015

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Komputer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus - Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa file-file yang sudah kita hapus secara permanen di komputer ternyata bisa dikembalikan lagi seperti semula. Sebenarnya cukup banyak hal-hal yang dapat menyebabkan file-file penting kita terhapus di komputer. Misalnya karena kecerobohan kita menggunakan komputer, mungkin juga karena serangan virus yang mendadak  dari internet dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lain.

Nah, perlu anda ketahui bahwa file-file yang terhapus secara permanen ini baik itu dalam wujud gambar, video, documen, ataupun sejenisnya bisa dikembalikan secara utuh dan kadang ada pula yang tidak bisa dibuka karena pengaruh file-file yang baru. Misalnya file video kita terhapus secara permanen dan kita ingin mengembalikannya maka file video tersebut jika berhasil kembali dengan sempurna maka file tersebut bisa diputar dengan lancar dan sebaliknya.

Jadi, anda jangan berkecil hati bila file-file penting anda yang terhapus secara permanen tidak bisa dikembalikan lagi. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini bila ada kemungkinan untuk berhasil walaupun tidak seratus persen. Cara mengembalikan file yang hilang secara permanen ini menggunakan bantuan software yaitu "Recuva" yang dapat anda download secara gratis untuk versi bebasnya dan untuk versi khususnya anda harus membelinya. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus

1. Download dulu softwarenya  disini
2. Setelah itu anda install dan buka software recuva untuk memulai memulihkan data anda yang hilang.
3. Setelah anda buka maka tampilannya akan seperti dibawah ini :
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

4. Pilih next dan akan muncul pilihan tipe file yang akan dicari, pilih sesuai yang anda inginkan.
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

5. Setelah anda pilih next pada step 4 maka akan muncul pilihan dibawah ini. Pada pilihan ini anda pilih saja "NO".
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

 6. Selanjutnya pilih lokasi tempat file-file anda yang hilang dan pilih next.
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

7. Jangan centang dulu "Enable Deep Scan". Namun bila file anda belum juga ditemukan silakan centang "Enable Deep Scan". 
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

8. Setelah proses scan selesai maka file yang terhapus/hilang akan muncul dan siap anda simpan lagi ke dalam hardisk. Usahakan simpan pada lokasi yang berbeda dari sebelumnya demi keamanan. 
Cara Mengembalikan File Yang Hilang

Keterangan : 
Bila anda mencentang "Enable Deep Scan" maka proses scan akan berlangsung lama sesuai jumlah data yang anda punya. Jadi jangan gunakan opsi ini bila anda tidak mempunyai banyak waktu luang. Namun dengan mencentang "Enable Deep Scan" prosentase data anda yang hilang dapat ditemukan semakin besar. Satu lagi, biasanya data-data anda yang hilang tidak semuanya sesuai dengan nama-nama sebelumnya jadi kenali data anda yang hilang melalui ukurannya. 

Semoga informasi mengenai cara mengembalikan file yang terhapus permanen berguna bagi anda khususnya yang mengalami masalah kehilangan data pada komputer secara permanen. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Komputer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *